Posted: Februari 18, 2011 in Tips, tips anak terhindar dari pelecehan

TIPS ANAK TERHINDAR DARI PELECEHAN SEKSUAL

  1. Ajarkan si anak untuk selalu terbuka dan menceritakan hal apapun yang telah dilakukan dan perlakuan yang diterimanya dari orang sekelilingnya. Jangan buat sang anak menjauh dari orang tua karena orangtuanya tidak bias dijadikan tempat berlindung bagi anaknya.
  2. Jangan biarkan anak anda bermain tanpa pengawasan anda atau orang yang dipercaya oleh anda untuk menjaganya. bila anda tidak dapat mendampinginya Usahakan walaupun anda menggunakan jasa pembantu tetap harus ada saudara/kerabat anda yang bisa mengawasinya. Selalu ingatkan kepada pengasuh anak anda untuk selalu mendampingi sang anak.
  3. Ajarkan fungsi dan nama dari tiap organ tubuhnya Ajarkan sedini mungkin fungsi dan nama dari setiap organ tubuhnya termasuk organ vitalnya. Hindari menggunakan istilah untuk menyebut organ vitalnya, hal itu malah bisa membuatnya bingung.
  4. Katakan pada buah hati organ intim yang mereka miliki harus dijaga baik-baik dan tidak boleh dipegang siapapun juga. Ajarkan kepada sang anak bila ada yang akan menyentuh/memegang bagian bagian tersebut untuk segera menjauh, berteriak dan lari sekencang-kencangnya.
  5. Ajarkan sang anak untuk menolak bila diajak bermain apalagi dibawa ketempat yang tersembunyi (jauh dari pantauan anda atau sang pendamping) oleh orang  yang sudah dewasa dengan diiming imingi permen, mainan dll . katakan pada sang anak bila sang anak pergi tanpa didampingi anda atau yang ditugasi mendampingi sang anak akan membahayakan bagi dirinya dengan menyebutkan kemungkinan yang ada seperti bisa saja ia di culik atau disakiti oleh orang asing tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s